Terbaru - Download Contoh Laporan Pkp Dan Karya Ilmiah ( Karil ) Jurusan Biologi Ut Non Pendas
Dalam menghadapi tugas sehari – hari guru mengalami duduk kasus nilai siswa yang masih belum mencapai ketuntasan mencar ilmu minimal. Selain itu juga, banyak ditemukan siswa kurang bahagia mengerjakan peran – peran yang diberikan oleh guru. Diakui selama ini sumbangan kiprah berkisar pada soal - soal yang menjenuhkan. Dari hasil angket jawaban 60 % siswa merasa tidak ada penilaian yang jelas bagi lembaran peran yang mereka kerjakan selama ini. Padahal guru berasumsi lembaran kerja dan lembaran tugas sangat penting bagi siswa untuk menemukan konsep – konsep di dalam proses pembelajaran.
Kenyataan dilapangan, guru hanya memakai satu sistem penilaian di dalam pembelajaran Fisika. Berarti guru mendominasi penilaian di dalam pembelajaran matematika. Berarti guru mendominasi evaluasi dengan satu metode pengujian tes yakni tes kertas pensil yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap gosip – isu faktual dan prosedur – prosedur algoritma saja. Namun bantu-membantu masih banyak situasi evaluasi kelas, dimana guru juga membutuhkan tes yang lain untuk menerima gosip ihwal kemajuan siswanya.
Padahal dikala ini, di dalam kurikulum Fisika telah dimasukkan tujuan – tujuan proses, dimana tes tertulis bisa diperlukan untuk menilai kinerja siswa. Proses ini merupakan bab – bab yang fundamental dalam pembelajaran Fisika. Salah satu sarana untuk mengukur penilaian kinerja itu yaitu melalui evaluasi alternatif.
Bila guru menginginkan siswa untuk menjadi pemecah duduk perkara yang baik, maka siswa harus diajarkan bagaimana menganalisis, merumuskan dan memecahkan problem. Selain kurikulum, guru dianggap sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan yang harus memiliki dua faktor yang dianggap menentukan keberhasilan siswa, yaitu : perencanaan dan sikap. Upaya dan kerja keras sangat dibutuhkan, dengan demikian untuk memecahkan duduk kasus ini perlu dilakukan suatu evaluasi tindakan kelas yaitu melaksanakan perubahan evaluasi yang berorientasi pada suatu alternatif penilaian yang dipilih, yaitu evaluasi performens.
Penilaian alternatif merupakan evaluasi yang mengukur relatif siswa dalam mencapai tujuan proses pengajaran.
Pengajaran yang menggunakan pemecahan persoalan, menekankan komunikasi dan keterampilan – keterampilan berfikir kritis dan mencari hubungan antara konsep dengan kehidupan nyata merupakan tujuan pembelajaran. Hal ini tidak dapat diukur dengan kertas pensil, namun siswa harus bekerja untuk mencapainya secara kontinyu.
Dari uraian diatas, maka guru mengubah sistem pengajaran, yaitu dalam praktek evaluasi. Karena melalui evaluasi, guru akan mendapatkan citra yang lebih terperinci tentang apa yang dapat mereka kerjakan dengan mencar ilmu Mata Pelajaran Fisika.
Dengan demikian untuk memecahkan masalah ini, maka perlu dilakukan suatu penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan penilaian yang berorientasi pada satu evaluasi alternatif. Untuk menilai kemajuan siswa secara valid dan reliabel, sehingga membantu kita mengkomunikasikan kepada siswa wacana kemampuan mereka, artinya merupakan upaya bagi guru untuk hasil belajar siswa
Download File
Catatan Untuk Mendapatkan Password Winrar silakan Hubungi Nomor ini : 0853 8611 7714 ( SMS/WA )
Tags : Download Contoh Laporan PKP Dan Karya Ilmiah ( Karil ) Jurusan Biologi UT Non Pendas
Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Download Contoh Laporan Pkp Dan Karya Ilmiah ( Karil ) Jurusan Biologi Ut Non Pendas"
Posting Komentar